Senin, 26 September 2011

Pengertian Internet Marketing

Dewasa ini penggunaan website sebagai salah satu alat pemasaran produk di internet semakin di gemari, baik itu oleh kalangan industri maupun perseorangan yang menggeluti bisnis internet.
Keuntungan internet marketing
• Harga promosi murah
Dalam internet marketing biaya hanya untuk pembuatan website,hosting dan domain.
• Mendatangkan dan mendapatkan respon customer/calon costumer
Perusahaan atau individu bisa mendapatkan respon dari costumer secara langsung melalui media contact yang tersedia.
• Pemasaran yang interaktif
Penggunaan media untuk berinteraksi dengan customer/calon customer sapat secara langsung melalui YM (Yahoo Messanger),email,sms,telepon atau bisa juga dengan jejaringsosial seperti facebook dan twetter seingga dapat memberikan reson secara instant.
Internet marketing memadukan unsur kreatif dan tehnikal,yang terdiri dari desain development,advertising dan sales.
Desain development:
• Desain dan programming sebuah website.
Advertising:
• SEM(Search Engine Marketing)
• SEO(Search Engine Optimation)
• Banner Ads
• Email marketing
• Article Marketing
Sales:
• Followup
• Membangun relation ship dengan customer
Untuk mencapai hasil yang memuaskan desain development,advertising,sales perlu dijalankan dengan baik.
Web Desain Development SEO Friendly
Ada dua pilihan dalam membangun sebuah website :
• Menggunakan Engine yang sudah tersedia seperti wordpress
• Membangun website sendiri
Apabila menggunakan Engine yang sudah ada anda tidak perlu memkirkan codingnya karena sudah disempurnakan oleh developer tersebut.Saat saya mengikuti seminar tentang internet marketing disana pembicara mengatakan bahwa untuk memulai usaha nda tidak perlu memikirkan cara membuat website karena yang perlu dipelajari adalah bagaimana cara pemasaran nantinya.
Namun apabila anda ingin membuat website sendiri anda perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini untuk membangun website yang sukses dalam SEO:
1. Pelajari penggunaan Bahasa HTML
2. Pelajari Style CSS
3. Gunakan Url Search Engine Friendly
4. Letakkan keyword pada posisi yang tepat

Advertising
• SEM(Search Engine Marketing) adalah suatu bentuk dari internet marketing yang memanfaatkan search engine sebagai alat pemasarannya .Seseorang yang memasukkan kata kunci (keyword) kedalam search engine maka ia akan mendapatkan apa yang akan dia cari. Metode SEM sendiri termasuk Search Engine Optimization(SEO), Paid Placement Dan Paid Inclusion. Hasil di SERP (Search Engine Result Page) dapat ditentukan dari dua cara yaitu:
1. Secara alami dengan menggunakan tehnik SEO metode ini tidak memerlukan biaya iklan, hanya saja anda perlu menerapkan tehnik SEO dalam website anda untuk mendapatkan hasil yang optimal yaitu mendapatkan posisi yang lebih baik dari website-website saingan anda.
2. Menggunakan pemasangan iklan, Google sendiri menawarkan cara ini untuk membantu menempatkan websie anda dalam posisi halaman pertama dalam SERP tanpa anda perlu bersusah payah melakukan tehnik SEO, dan tentunya service ini tidak bisa anda dapatkan dengan gratis.
• SEO (Search Engine Optimization)
Adalah proses untuk meningkatkan jumlah laulintas / trafik berkualitas dan ditujukan kepada suatu website dari search engine melalui sebuah algoritma search engine secara alami. Sudah menjadi kebiasaan ketika seseorang sedang mencari sesuatu dalam search engine dan ia melihat hasil pencarian maka dia akan meng-klik website yang ada pada rangking teratas dan seterusnya. Sehingga website dengan rangking tertinggi akan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan klik.

• Baner ads
Adalah suatu iklan berbentuk gambar yang dipasang pada suatu website, tujuannya adalah untuk menarik lalulintas suatu website. Mekanismenya yaitu dengan sara menaruh sebuah banner yang menarik pada suatu website kemudian banner tersebut memiliki link ke website lain, bentuk maupun banner tersebut haruslah menarik, supaya visitor tertarik untuk mengkliknya, format dari banner dapat berupa(GIF, JPG, PNG, SWF).

• Email Marketing
Adalah suatu bentuk promosi dengan menggunakan email sebagai alat marketingnya. Pelaku bisnis umunnya menggunakan email sebagai alat pemasaran dengan tujuan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan yang dulu pernah menjadi customer kita, sehingga email marketing ini dapat membuat customer kita menjadi loyal, tujuan lainnya adalah untuk mengirim email guna mencari pelanggan baru. Akan tetapi berhati-hatilah dengan metode ini karena anda bisa dicap sebagai spammer. Alangkah lebih baik jika anda minta konfirmasi terlebih dahulu kepada customer untuk mengirim email marketing.

• Artikel Marketing
Adalah kegiatan penulisan artikel pendek yang berkaitan dengan review suatu produk atau suatu perusahaan. Biasanya artikel ini tersedia dan di distribusikan secara bebas untuk umum. Keuntungan dari metode ini adalah bebas untuk disebar luaskan, contoh : apabila anda menulis artikel tentang perbandingan hosting antara hosting local dan international, jangan lpa letakkan sedikit promosi anda diakhir artikel, anda menuliskkan secara jelas perbandingannya sehingga apabila ada visitor yang tertarik untuk mengcopy nya untuk diletakkan pada web/blog mereka, maka anda akan mendapatkan keuntungannya yaitu promosi gratis. Beberapa website artikel distribusi bebas http://www.articledasboard.com , http://www.goarticle.com dsb.

Sales
• Followup
Melakukan follow up adalah salah satu hal terpenting dari marketing baik itu online marketing atau internet marketing, karena kita sebagai marketer harus agresif. Ada beberapa cara dalam melakukan followup diantaranya melalui email, telp, dan sms.
• Membangun Relationshio dengan Customer
Ada baiknya kita menjaga hubungan dengan customer kita, karena kita akan mendapatkan beberapa keuntungan yang tentunya berguna untuk kita, beberapa keuntungan tersebut adalah customer yang loyal, return customer,dan feedback yang kita harapkan.
• Menangani Komplain Customer
Kita sebagai penjual jangan hanya menjual barang lalu cuek terhadap feedback dari customer kita, ya mungkin saja barang yang kita kirimkan sedang dalam kondisi bermasalah? Atau customer tidak puas? Ya ..pasti mereka akan melakukan komplain.
Sumber : http://www.ilmuwebsite.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong tinggalkan komentar ya! selamat membaca :D