Selasa, 09 Agustus 2011

OVER VIEW FLASH DI DUNIA MAYA

Ekstensi flash sebagai elemen yang mewarnai dunia maya merupakan suatu hal yang lazim. Software keluaran Macromedia,yang sekarang menjadi milik adobe ini,ternyata bias menjadi sebuah elemen yang aplikatif maupum kreatif.
Pada baner website misalnya ,flash sering digunakan sebagai pemanis.Dalam dunia bisnis,Flash pun bisa membangun keindahan dari sebuah presentasi.Aplikasi –aplikasi sederhana pun tak elaknya mulai terlahir dari Flash,contohnya kalkulator,jam online,kalender,dan sebagainya .Dalam duunia entertainment,penggunaan flash saat ini menjadi salah satu software yang bisa diandalkan .Mp3 streaming dan game flash merupakan aplikasi yang bisa dibilang anak kesayangan Flash,karena penggunanya begitu banyak bertebaran di internet,yang kita sebut dunia maya.
Flash Website
Mungkin dahulu kita hanya mengetahui website statis ,yang malahan bisa dibuat dengan menggunakan notepad.Seiring berkembangnya IPTEK, dimana setengah dari imbasnya mempengaruhi perkembangan dunia internet,akhirnya lahirlah website yang menggunakan animasi sebagai elemen utamnya .Dinamakan Flash Website ,karena hamper 90% content yang ada dalam website tersebut mengguanakan Flash.Anda bisa mencoba menemuai banyak website yang bertengger didinia maya .Animasi dan beberapa efek yang digunakan ,menghasilkan kesan sebuah website yang interaktif ,manis dan bahkan dinamis.Dikarenakan Flash dibaca secara streaming pada browser-browser yang mendukungnya,akhirnya tren penggunaan preloader muncul.

Contoh flash website yang menarik
Preloader.
Preloader adalah sebuah element pra-halaman utama,dimana berisi informasi mengenai website yang sedang dimuat oleh browser.Preloader bisa berupa animasi.biasanya preloader menggunakan animasi karena ada penggunanya,bisa menahan si pengunjung website untuk tidak berpindah ke halaman website lain.Selain memberikan kesan manis,namun juga memberikan rasa penasaran pada pengunjung mengenai website yang sedang dimuat tersebut.

Contoh situs preloader

Banner
Banner yang saat ini kebanyakan menggunakan animasi Flash,bisa dibilang hal yang penting untuk menunjang seni pembuatan website dibandingkan dengan banner statis,tentunya penggunaan Flash banner mempunyainilai plus.Menghindari pengunjung yang cepat bosan ,kemungkinan menjadi alasan mengapa sekarang ini flash banner menjadi salah satu elemen pemanis website

Contoh situs penyedia banner dinamis

Mp3 Streaming
Flash juga mendukung penggunaan mp3.itulah mengapa sekarang banyak mp3 streaming di internet menggunakan flash.selain bisa memuat mp3,flash tentunya bisa menghasilkan desain interface yang unik sesuai dengan selera pembuatnya. Dalam flash website pun penggunaan mp3 merupakan elemen pemanis yang bisa mempercantik kesan yang ingin didapat.
Flash & Entertainment
Hiburan semacam mp3 streaming & game tentunya menjadi salah satu menu utama pengunjung dunia maya .Begitu banyak penyedia layanan mp3 streaming di internet .Sebagai sebuah entertainment ,musik memang tak lepas dari kehidupan kita .Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi ,tidak tertutup kemungkinan nantinya kita bisa langsung mendengarkan demo musik terbaru di internet yang lansung di upload dari penyanyi kesukaan kita .Kesan ‘mengikuti perkembangan tren musik setiap detik’ pun sudah bukan isapan jempol lagi jika hal tersebut memang terjadi.
Flash game merupakan salah satu entertainment yang bisa kita nikmati langsung lewat internet .dahulu kita hanya bisa memainkan game di Komputer kita sendiri,tanpa terhubung dengan internet ,namun sekarang kita bisa langsung memainkan sebuah game di internet.Keunikan memainkan game flash terletak pada higscore system,dimana kita bersaing dengan orang di belahan dunia yang sama-sama memainkan Flash game.Tentunya ini menjadi hal yang merangsang kita untuk memainkan game online,termasuk flash game salah satunya.

Bisnis di dunia internet memang sedang marak. Flash game sebagai entertainment di dunia maya, tak terlepas juga dengan bisnis. Saat ini semakin marak bisnis game di internet. Developer-developer flash game pun setiap harinya bersaing demi mendapatkan sponsor dari situs yang menyediakan berbagai flash game online. Nilai nominal 100$ pun bisa diraih sesuai dengan keunikan game tersebut. Bahkan ada beberapa situs flash game online yang menyediakan sampai 3000$ hanya untuk mensponsori sebuah flash game. Menarik kan?

Film 2d animasi
Satu lagi, salah satu entertaimen yang tidak bisa di lewatkan, adalah Film 2d animasi. Flash dengan kemampuanya membuat animasi, menjadikannya software yang di cari para animator. System frame per frame animation ataupun tweenig bisa kita aplikasikan melalui Flash. Dengan adanya teknologi computer di jaman sekarang ini, amatlah jelas pengaruhnya dalam pembuatan animasi. Jika di bandingkan dengan system pembuatan animasi secara tradisional, munkin akan memakan waktu yang lama untuk menghasilkan sebuah animasi yang terdiri dari ratusan frame. Memeng, pembuatan animasi tergantung dari seberapa kreatifnya seseorang. Namun, setidaknya dengan adanya flash, orang yang tidak bisa menggambar pun bisa membuatanimasi sederhana.

Contoh film 2d animasi yang menggunakan flash

Dari pengulasan mengenai flash diatas, setidaknya kita tahu mengenai perkembangan dunia maya. Penggunaan flash yang semakin marak memberikan gambaran betapa cepatnya teknologi di dunia internet berkembang. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita ingin mempelajari flash. Bukan suatu hal yang sulit sebanarnya, dengan penguasaan kita menggunakan flash. Kita bisa meraup dollar di dunia intenet.
[tovan_putra_angin]
Sumber : ilmu website magazine(www.ilmuwebsite.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong tinggalkan komentar ya! selamat membaca :D