Selasa, 23 Agustus 2011

Virus Komputer

Istilah “virus” pertama kali digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat.Ada berbagai cara agar virus dapat dijalankan oleh korban ,misalnya dengan menempelkan dirinya dengan program lain.Ada juga virus yang aktif ketika suatu tipe file terbuka.Kadang kala virus juga memanfaatkan celah keamanan pada komputer (baik sistem operasi atau aplikasi),dengan memanfaatkan hal tersebut virus dapat berjalan kemudian menyebarkan dirinya sendiri secara otomatis.Anda juga dapat menerima sutau file yang sudah terinfeksi virus dalam attachment e-mail yang kita terima .begitu file tersebut dijalankan ,maka kode virus akan aktif dan mulai menginfeksi komputer dan bisa menyebar juga kesemua file yang ada di jaringan komputer.

Pengertian Virus Komputer
Secara singkat pengertian virus adalah suatu program komputer yang dapat menyebar pada komputer atau jaringan dengan memuat copy dirinya sendiri tanpa sepengetahuan dari pengguna komputer tersebut.Virus dapat menimbulkan efek yang berbahaya misalnya mulai dari menampilkan pesan,mencuri data atau bahkan mengontrol komputer dari jarak jauh.Virus komputer mirip dengan program komputer biasa ,tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dibandingkan dengan program kompuer lainya ,yaitu virus dibuat untuk menulari program-program komputer lainya ,mengubah ,memanipulasinya, bahkan sampai merusaknya .Virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dijalankan.

Cirikhas yang dimiliki oleh virus:

• Menyembunyikan proses dari pemakai
• Mengakifkan dirinya saat startup system
• Menyebarkan diri melalui media file executable
• Mempercepat penyeberan melalui media perukaran data dan informasi
• Mempercepat penyebaran dengan memanfaatkan kelemahan dari suatu system.
• Menyebarkan diri melalui filename spoofing
• Mempercepat proses penyebaranya dengan pendekatan social engineering
• Berusaha mempertahankan eksistensi dirinya

Virus seringkali mengganggu atau menghentikan kinerja komputer pada saat diperlukan .Sejalan dengan perkembangan dunia virus komputer maka saat ini efek dari virus ini semakin banyak.

Efek virus komputer
• Memperlambat server e-mail
Virus sobig dapat menyebar melalui e-mail dan mampu untuk membuat traffic e-mail yang sangat besar dan berakibat server menjadi lambat atau bahkan crash.
• Mencuri data penting atau rahasia
Worm bugbear-D mampu merekam keystroke(penekan tombol karakter)pada keyboard,termasuk password dan kemudian dkirm kesipembuat virus untuk dimanfaatkan lebih lanjut.
• Menggunakan komputer user untuk menyerang suatu website
Virus MyDoom menginfeksi komputer di seluruh dunia untuk menyerang situs SCO dengan traffic data yang sangat besar,sehigga situs tersebut akan terbebani luar biasa akhirnya crash dan tidak bisa melayani pengguna lainnya.Ini bisa dinamakan dengan denial of service.
• Membiarkan orang lain membajak komputer kita
Dengan Trojan Backdoor (program penyusup)pada komputer sehingga si pembuat virus dapat terhubung kekomputer tersebut secara diam-diam dan bisa dimanfaatkan lebih lanjut sesuai dengan keinginannya.
• Merusak data
Virus yang bisa merusak data contohnya adalah virus compatable,daapat memuat perubahan pada data /document MS Excel
Virus Sircam mempunyai kemampuan menghapus atau meng-overwrite harddisk pada waktu tertentu yang tak terduga.
• Men-disable Hardware
Virus CIH atau Chernobyl mempunyai kemampuan meng-overwrite chip BIOS(Basic Input Output System )pada setiap tanggal 26 April dan akan membuat komputer menjadi tidak berfungsi.
• Menimbulkan hal yang aneh atau mengganggu
Contohnya adalah virus worm Netsky-D.virus ini dapat membuat komputer berbunyi beep secara sepontan dan tiba-tiba untuk beberapa jam lamanya
• Menampilkan pesan tertentu
Virus Cone-F contohnya akan menampilkan pesan berbau politik jika bulan menunjukkan bulan Mei.
• Merusak kredibilitas anda
Jika virus mengirimkan sesuatu yang isinya tidak pantas melalui e-mail dari komputer Anda ke komputer pelanggan atau komputer rekan bisnis Anda ,maka hal ini akan merusak reputasi Anda sebagai organisasi dan mereka bisa saja tidak mau melanjutkan bisnis dengan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong tinggalkan komentar ya! selamat membaca :D