Rabu, 19 Oktober 2011

JARINGAN KOMPUTER

Pengantar
Komunikasi awalnya bergantung pada transportasi: jalan antar kota, antar provinsi/negara bagian kemudian antar negara/benua. Kemudian komunikasi dapat terjadi jarak jauh melalui telegraf (1844), telepon (1867), gelombang radio elektromagnetik (1889), radio komersial (1906), televisi broadcast (1931), kemudian melalui televisi, dunia jadi lebih kecil karena orang dapat mengetahui dan mendapatkan informasi tentang yang terjadi di bagian lain dunia ini. Dalam telekomunikasi, informasi disampaikan melalui sinyal. Sinyal ada dua
macam:
1. Digital: secara spesifik mengacu pada informasi yang diwakili oleh dua keadaan 0 atau 1. Data digital dikirimkan dengan diwakili dua kondisi saja yaitu 0 dan 1.
2. Analog: sinyal yang terus menerus dengan variasi kekuatan dan kualitas.
Misalnya suara, cahaya dan suhu yang dapat berubah-ubah kekuatannya dan
kualitasnya. Data analog dikirimkan dalam bentuk yang berkelanjutan, sinyal
elektrik berkelanjutan dalam bentuk gelombang
Televisi, telepon dan radio adalah teknologi telekomunikasi yang menggunakan
sinyal analog, sedang komputer menggunakan sinyal digital untuk transfer
informasi. Namun saat ini sinyal digital juga digunakan untuk suara, gambar dan
gabungan keduanya.
Di sisi lain, komputer yang awalnya dimanfaatkan sebagai mesin penghitung dan
pengolah data, digunakan sebagai alat komunikasi sejak adanya jaringan
komputer.

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, aplikasi, dan perangkat keras secara bersama-sama. Jaringan komputer dapat diartikan juga sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi yang terdiri lebih dari satu komputer yang saling berhubungan (Tanenbaum, 1997).
Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Sesuai dengan namanya, komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada di dalam jaringan. Selain itu, kommputer server juga dapat berfungsi sebagai penyedia sumber yang dibutuhkan oleh komputer-komputer client. Sumber tersebut dapat berupa data-data, program-program, file-file, dan sebgainya. Sedangkan komputer client adalah komputer yang menerima pelayanan.
Bila jaringan komputer terhubung dengan internet, komputer server juga dapat berfungsi sebagai gateway. Disebut sebagai gateway, karena komputer server tersebut merupakan gerbang atau jalur yang digunakan oleh komputer client untuk mengakses internet.
Komputer server juga dapat berperan sebagai web server yang berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman web dari situs web dan juga sebagai mail server atau komputer yang memberi layanan e-mail.

Tujuan Jaringan Komputer
Jaringan komputer dibangun untuk membawa informasi secara tepat tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmiter) maupun sisi penerima (recivier) melalui media komunikasi. Kendala-kendala yang muncul adalah pada media komunikasi misalnya masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan efisien serta masih terdapatnya berbagai macam gangguan saat data ditransmisikan.

Manfaat Jaringan Komputer
  1. Membagi Sumber Daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai saran untuk membagi sumber   daya yang ada. Sumber daya tersebut daapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file, dan          program program. Dengan adanya jaringan komputer maka sumber daya yang        harus disediakan dapat dikurangi.
  1. Reliabilitas Tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kta untuk mengopikan data-data ke dua atau tiga komputer, bahkan lebih. Dengan demikian, apabila salah satu komputer rusak dan data-data yang tersimpan didalamnya hilang, kita masih dapat menggunakan data yang tersimpan di komputer lain. Hal ini akan menguntungkan karena kita tidak terlambat, meskipun ada kompter yang rusak atau data-data yang hilang.
  1. Menghemat Uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan. Dengan demikian, jaringan komputer  yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.
  1. Sarana Komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua staf. Pimpinan perusahaan cukup mengirimi undangan melalui jaringan komputer yang ada

Jenis Jaringan Komputer
Dilihat secara fisik
  • Jaringan kabel
  • Jaringan tanpa kabel / nirkabel (wireless network)
Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Sedangkan jaringan tanpa kabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio.
Jika dibandingkan dengan jaringan kael, jaringan nirkabel memiliki kelebihan karena kemampuannya untuk bergerak.Seiring dengan semakin tingginya tingkat mobilitas manusia, maka jaringan nirkabel merupakan solusiyang tepat sebagai srana komunikasi. Dengan jaringan nirkabel, kita dapat mengakses informasi dari mana saja tanpa harus tetap berada pada satu tempat tertentu.

Dilihat Dari Area Lingkupnya
a. LAN: menghubungkan komputer-komputer pribadi dalam kantor perpusahaan, pabrik atau kampus: LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan 3 karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologi jaringan.

b. MAN
Merupakan versi LAN ukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN mampu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa kabel output.

c. WAN
Mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Mesin ini disebut HOST. HOST dihubungkan oleh sebuah subnet komunikasi atau cukup disebut SUBNET. Tugas subnet adalah membawa pesan dari satu host ke host lainnya. Pada sebagian besar WAN subnet terdiri dari 2 komponen: kabel transmisi dan elemen switching.

d. Internet
Terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk dapat komunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Kadang menggunakan mesin yang disebut GATEWAY sebagai penerjemah antar jaringan yang tidak kompatibel. Kumpulan jaringan yang terkoneksi disebut INTERNETWORK atau INTERNET. Bentuk INTERNET yang umum adalah kumpulan dari LAN yang dihubungkan oleh WAN.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong tinggalkan komentar ya! selamat membaca :D