Rabu, 26 Oktober 2011

Model CMS !

Mudah Membuat Website Menggunakan CMS(Content Management Systems) Image
http://blog.fastncheap.com

CMS bisa kita buat sendiri. Namun untuk membuatnya kita harus mempunyai pengetahuan yang memadai tentang bahasa pemrograman dan database. Namun tak perlu khawatir, karena saat ini sudah terdapat puluhan CMS. Ada yang licensed, yaitu anda harus membayar untuk memiliki dan menggunakanya. Namun banyak pula yang gratis, istilahnya Open source.
Model CMS sendiri Ada dua model Content Management System yaitu :
1. CMS Komersial , CMS Komersial dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan perusahaan software yang menjalankan usahanya dengan motif mencari keuntungan. CMS komersialpun menyediakan hampir semua feature dan tidak tersedia secara gratis karena penggunaannya harus membeli licensi dari perusahaan pembuatnya (dari licensi berdasarkan jumlah penggunnya sampai sifat multiserver dan harga murah sampai mahal).
2. CMS Open Source, CMS yang dibuat dan dikembangkan oleh sekelompok orang atau perusahaan yang intinya meberikan alternatif murah dan terjangkau kepada pengguna. CMS tersedia secara gratis dapat dipergunakan tanpa batasan, dan memberikan akses kepada pengguna akan kode pemrograman sehingga mudah memodifikasi CMS dimasa mendatang. OpenSource terbagi menjadi dua model yaitu
  • Sistem Open Source berbasis komunitas
Sistem Open Source berbasis komunitas merupakan sistem Open Source tradisional dan free secara keseluruhan. Sistem cocok untuk organisasi yang akan mengembangkan sumber daya internalnya secara kuat.
  • Sistem Open Source berbasis dukungan komersial
Suatu organisasi menyediakan layanan profesional atau mendukung produk walaupun kodenya free, tetapi system dievaluasi seperti sistem komersial. Walaupun lisennya gratis, sistemnya harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis
Berdasarkan penggunaannya, CMS dibedakan menjadi: Portal, Blogs, E-Commerce, Groupware, Forums, E-Learning, Image gallery, dan wiki. Berikut ini beberapa Open Source CMS untuk masing-masing kategori tersebut.
Portal
1024, AIOCP, AssoClateD, Bcoos, BigAce, BitWeaver, BlofoxCMS,CMS Made Simple, ContentNow, DBHcms, Dragonfly CMS, Drupal, e107, EazyPortal, Elxis, Enano CMS, Etomite, Exponent, ExV2, eZ Publish, Fundament, Fuzzylime, Geeklog, iGaming CMS, Jaws, Joomla, LoveCMS, Mambo, MDPro, MODx, Netious, OneCMS, Ovidentia, Pheap, PHP-Fusion, PHP-Nuke, phpwcms, phpWebSite, PLUME CMS, Postnuke, RunCMS, SilverStripe, SPIP, TikiWiki CMS, toendaCMS, Typo3, Typolight, Website Baker, Xaraya, XOOPS, dan YACS.

Blogs
b2evolution, Blogger, Dotclear, Eggblog, FlatPress, LifeType, Loudblog, Nucleus CMS, sBlog, Serendipity, SimplePHPBlog, Simplog, Textpattern, WB News, Wheatblog, WordPress, dan Zomplog.
E-Commerce
cpCommerce, Freeway, Opencart, osc2nuke, osCMax, osCommerce, phpShop, dan Zen Cart.
Groupware
Achievo, ACollab, dotProject, eGroupWare, Flyspray, Group-Office, more.groupware, phpGroupWare, PHProjekt, ProjectPier, Streber, dan WebCollab.
Forum
bbPress, Beehive, DeluxeBB, FUDForum, IceBB, Mercury, miniBB, MyBB, MyTopix, Phorum, phpBB, PunBB, QuickSilver, SMF, UNB, UseBB, Vanilla, W-Agora, dan XMB
E-Learning.
ATutor, Claroline, ClaSS, Docebo suite, Dokeos, DrupalEd, Interact, Moodle, SiteAtSchool, dan SyndeoCMS.
Image Gallery
4Images, Coppermine, Gallery, Gallery 2, LinPHA, Minishowcase, nzFotolog, Phormer, PhpWebGallery, Pixelpost, Plogger, Singapore, Thickbox Gallery, TinyWebGallery, WEBalbum, Zenphoto, dan Zoph.
DokuWiki, MediaWiki, PmWiki, QwikiWiki, UniWakka, Wikepage, dan WikkaWiki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong tinggalkan komentar ya! selamat membaca :D